Dengan
menggunakan komputer, anak menjadi lebih senang belajar karena adanya perangkat
lunak pedidikan yang diprogram sedemikian menariknya. Semakin anak tertarik pada program tersebut,
semakin tertarik pula dia untuk belajar. Misalnya, perangkat lunak program
pengetahuan dasar membaca. Anak akan lebih suka belajar membaca melalui program
yang disertai gambar yang dapat bergerak dan bersuara, tulisan yang dapat
membuka halaman lain, atau huruf-huruf yang dapat berubah-ubah warna daripada
belajar membaca melalui buku yang itu-itu saja.
Selain
program pendidikan, komputer juga menawarka program aplikasi berbentuk
permainan elektronik yang pada umumnya tidak secara khusus diberi muatan
pendidika formal tertentu. Permainan elektronik tersebut membantu anak untuk
belajar bagaimana bertahan, membuat strategi, membangkitkan semangat
kepemimpinan, dan bermain peran.
Karena
biasa menggunakan komputer, anak dapat mengoperasikan berbagai program olah
kata dan angka. Para balita juga dapat belajar mengenal warna dan bentuk-bentuk
melalui program pendidikan yang dioprasikan dengan komputer. Anak-anak dapat
menjadi pandai dalam matematika karena sering berlatih dengan menggunakan
bantuan komputer dan dapat memiliki banyak kosa kata dalam bahasa inggris.
Kemampuan belajar peserta didik dapat meningkat dengan adanya fasilitas
komputer. Mereka dapat mengerjakan tugas-tugas dengan kreatif melalui komputer
karena komputer mampu menampilkan teks, warna, gerak, suara, video, gambar dan
lainnya.
Daftar
Pustaka
R.Rizky
“Manfaat Komputer”. 20 November 2008.
https://docs.google.com
EmoticonEmoticon