Sunday, April 2, 2017

interaksi manusia komputer

Tags

   


Menurut saya IMK adalah salah satu disiplin ilmu ynag mengkaji komunikasi atau interaksi di antara pengguna dengan sistem. Sistem yang dimaksutkan disini, tidak hanya sistem yang ada pada komputer saja tetapi juga sistem yang banyak digunakan, dalam kehidupan sehari-hari seperti kendaraan, peralatan rumah tangga, dan sebagainya.

Interaksi adalah komunikasi antara dua atau lebih objek yang saling

    Jadi biasanya Tujuan utama IMK Adalah Menjadikan Sebuah Sistem Yang Lebih :


  • Usable ( Artinya sistem kita harus mudah dipelajari oleh seseorang ataupun kelompok dan juga sistem harus bermanfaat bagi orang banyak sesuai dengan kebutuhannnya ).
  • Safe ( Dalam membuat sebuah sistem selalu dibutuhkan keamanan dalam sistem baik keamanan hardware ataupun software maupun keamanan lingkungan di sekitar kita harus diperhatikan sehingga sistem kita menjadi aman dari gangguan apapun ).
  • Efektif ( Sistem harus dibuat semudah dan seringkas mungkin agar mencapai tujuan yang diinginkan ).
  • Efisien ( Dalam hal ini sistem harus dibuat untuk mempercepat waktu kinerja kita ).
  • Produktif ( Sistem harus menghasilkan sesuatu yang berguna, berharga dan bermanfaat ).
  • Fungsional ( Sistem harus dibuat berdasarkan fungsi fungsinya atau berdasarkan kebutuhannya masing masing ).
  • User Friendly ( Artinya meningkatkan interaksi manusia dan komputer itu sendiri ).

    Menurut saya komponen - komponen interaksi manusia komputer terdiri dari 3 bagian yaitu :

  • Manusia ( Manusia merupakan pengguna user yang memakai komputer atau sistem tersebut, dimana manusia sendiri memiliki karakter dan perilaku yang berbeda beda dengan kebutuhannnya dalam menggunakan komputer ).
  • Komputer ( Komputer merupakan peralatan elekteronik yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak ).
  • Interface ( Manusia dan komputer berinteraksi melalui antar muka yang ada di dalam sistem komputer yang memungkinkan manusia berhubungan dengan komputer ).

    Prinsip kerja IMK sih biasanya 
  • User memberi perintah pada komputer & komputer mencetak/menuliskan tanggapan pada layar tampilan.
  •  Komputer bekerja sesuai dengan instruksi yg diberikan oleh pengguna.

   Dalam membuat antarmuka yang baik dibutuhkan pemahaman beberapa bidang ilmu, antara lain adalah :
  1. Teknik elektronika  dan ilmu komputer
  2.  Psikologi
  3. Perancangan grafis dan tipografi
  4.  Ergonomik
  5. Antropologi
  6. Linguistik
  7. Sosiologi



EmoticonEmoticon